Selasa, 23 September 2008

Tikus Shalat Terawih

Tak terasa bulan Ramadhan akan segera berlalu, beberapa orang tentunya mendapatkan pengalaman yang mendalam tentang Ramadahan. Ada pengalaman yang sedih, senang, religius, ataupun yang lucu. Berikut ini saya akan menceritakan pengalaman terlucu saya ketika bulan Ramadhan. Ada tikus yang ikut shalat terawih, loh kok bisa??

Kejadian ini saya alami pada waktu saya masih SD. Seperti biasa saya dan teman-teman ikut shalat terawih berjama'ah. Kalau tidak salah pada waktu malam-malam akhir Ramadhan seperti biasa jama'ah sudah mulai berkurang.

Pada waktu itu, ada 3 shaf jama'ah pria dan tidak ada jama'ah wanita. Kejadian tersebut, terjadi pada saat khatib naik mimbar. Ketika itu seperti biasa saya bersama teman-teman sedang mendengarkan ceramah dari khatib, tiba-tiba mata kami tertuju ke langit-langit/plafon. Pada waktu itu masjid belum mempunyai plafon, hanya rangka-rangka besi penyangga tiang dan asbes sehingga saya sering melihat tikus yang lumayan besar berseliweran di rangka besi tersebut.

Ketika itu, kami melihat 2 ekor tikus yang sedang berkelahi dengan sangat serunya. Lalu saya bilang sama teman saya "wah nih kalo jatoh seru nih" teman saya menanggapi "bener juga tuh, bisa bikin kaget jama'ah nih" lalu saya bilang "bukan kaget lagi tapi bisa-bisa geger". Tidak lama setelah itu, beneran kejadian 1 ekor tikus jatuh ke arah jama'ah spontan membuat para jama'ah kaget bukan kepalang. Bukannya tikus tersebut langsung pergi, eh malah berputar dulu di jama'ah, membuat situasi bertambah gaduh saja. Hal ini membuat teman saya yang sedang mengantuk langsung merapikan sarung yang dipakainya karena hampir dimasuki oleh tikus tersebut, kebayang kalo masuk gimana ya????

Setelah puas berputar di jama'ah akhirnya tikus tersebut langsung melarikan diri ke arah jama'ah wanita. Untungnya sedang tidak ada jama'ah wanita, kalau ada bisa tambah geger tuh masjid. Khatib sendiri pada waktu itu, mencoba untuk menenangkan jama'ah tapi gagal karena tikus tersebut berputar-putar dahulu.

Ya begitulah pengalaman terlucu saya pada waktu bulan Ramadhan. Sungguh tak terasa bulan yang sungguh mulia ini akan berakhir begitu cepat, bulan dimana penuh dengan cobaan berat yang saya alami saat ini. Mudah-mudahan kita semua dipertemukan kembali oleh Ramadhan berikutnya. (Amin Ya Robbal A'lamin)


Tidak ada komentar: