Jumat, 19 September 2008

Ramadhan Bulan Ujian dan Cobaan

Tak terasa bulan Ramdhan sudah memasuki sepuluh hari terakhir, sungguh begitu cepat waktu berlalu. Namun di penghujung Ramadhan ini apakah kita sudah melakukan perubahan-perubahan dalam ibadah kita? atau Ramadhan ini hanya sekedar rutinitas setiap tahun yang harus kita lewati tanpa kesan yang mendalam pada diri kita sendiri??

Sebenarnya saya ingin menceritakan kejadian yang baru saya alami dalam seminggu terakhir ini. Pada hari rabu tepatnya tanggal 17 September atau 17 Ramadhan pagi hari terjadi peristiwa yang sangat menegangkan. Terjadi kebakaran hebat yang terjadi di lingkungan rumah saya yang menyebabkan 80 rumah habis di lalap si jago merah, 1 orang tewas dan 450 orang terpaksa tinggal di tenda-tenda darurat dan masjid yang ada di area tersebut.

Peristiwa tersebut bisa mengguncang iman seseorang apalagi yang menjadi korban. Saya sendiri pun sempet panik ketika peristiwa itu terjadi. Apalagi saat itu kondisi saya sedang sakit karena asma saya sedang kambuh, sempat ada pikiran untuk membatalkan puasa saya ketika peristiwa itu terjadi. Asma saya hampir kambuh ketika itu karena saya panik, tapi saya coba untuk menenangkan diri saya walhasil saya kuat berpuasa sampai bedug maghrib.

Sempat terbersit dalam pikiran saya, Masya Allah apa yang sedang terjadi sekarang ini? Kenapa Kau limpahkan cobaan yang sangat berat di bulan yang penuh rahmat ini? Yang seharusnya orang berbahagia menikmati indahnya ibadah Ramadhan ditambah lagi dengan akan datangnya hari raya I'dul Fitri dimana setiap orang berbahagia merayakannya dengan makanan yang melimpah dan baju yang baru atau bagus.

Sementara orang yang menjadi korban, tidak bisa merasakan hal itu semua. Boro-boro untuk merayakan lebaran dengan makanan yang melimpah ruah, untuk makan sehari-hari saja mereka memerlukan bantuan orang lain supaya bisa makan, boro-boro untuk merayakan lebaran dengan baju yang bagus sedangkan baju yang selamat hanya yang dipakai waktu kejadian tersebut.

Tapi itulah cobaan dan ujian dari Allah SWT, di bulan yang suci ini. Saya sendiri sangat bersyukur akhirnya rumah saya tidak menjadi korban dari si jago merah. Tapi apabila itu terjadi, mungkin saya tidak bisa memposting tulisan ini, Alhamdulillah terima kasih Allah, Kau telah memberi keselamatan kepada kami dan harta kami.

Mudah-mudahan hal ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua.

Tidak ada komentar: